Transportasi Kereta Api

11/06/2009 13:45

KRL Parung Panjang Dioperasikan Juni

 

JAKARTA -- Kereta Api Rel Listrik (KRL) tujuan Parung Panjang, Kab Bogor, akan dioperasikan mulai awal Juni mendatang. "Kita sudah melakukan uji coba gunakan KRL ke Parung Panjang beberapa waktu lalu dan tidak ada masalah," kata Humas PT Kereta Api, Akhmad Sujadi, Jumat (29/5).

Menurut Sujadi, pengoperasian KRL ini dikarenakan padatnya penumpang yang bertujuan ke Parung Panjang. KRL juga dinilai pengoperasiannya tidak repot karena tidak memakai lokomotif. "Pengantisipasian lonjakan penumpang ini salah satunya dengan menambah KRL. Karena lebih cepat dan lebih nyaman," kata Sujadi kepada Republika di kantornya, Stasiun Kota.

Ketika ditanya, berapa unit KRL yang akan dioperasikan ke Parung Panjang, Sujadi menyatakan, pihaknya belum menentukan berapa jumlah unit itu. "Kami masih membahasnya. Lihat nanti di lapangan saja," ungkapnya.

Yang pasti, menurut dia, jadual operasional Kereta Api tujuan Jakarta-Serpong-Parung Panjang hingga Rangkasbitung akan ada perubahan. "Jadual itu harus dibuat sedemikian rupa. Agar semuanya berjalan lancar," ujar Sujadi.

KRL yang akan dioperasikan ke Parung Panjang adalah KRL yang digunakan ke Serpong. "Arahnya kan sama, tinggal dilanjutkan saja," tutur dia. Namun demikian, lagi-lagi Sujadi belum mengetahui secara pasti berapa unit dan berapa jumlah perjalanan tujuan Parung Panjang.

Saat ini, ungkap Sujadi, KRL ekonomi yang dioperasikan ke Serpong berjumlah 16 KRL, sedangkan KRL Ekonomi Ac dan KRL Ekspres masing-masing berjumlah 24 KRL. Sedangkan jumlah penumpang tujuan Serpong mencapai 28 ribu penumpang perhari. "Rencananya, sampai akhir tahun 2009, KRL ini akan dioperasikan hingga Stasiun Maja, Lebak, Banten," ujar Sujadi.

Sebenarnya, ujar Sujadi, pihaknya menginginkan KRL itu sampai Rangkasbitung. Sebab, penumpang dari dan menuju Rangkasbitung juga banyak, yang seharinya dapat mencapai 38 ribu penumpang. "Jika sampai Rangkasbitung Departemen Perhubungan harus menganggarkannya. Karena anggaran tahun ini sampai Maja saja," tuturnya. Ia menambahkan, stasiun Maja dan Rangkasbitung saling berdekatan yang diselingi oleh Stasiun Citeras.

Sujadi menerangkan, bahwa sepanjang rel stasiun Serpong sampai stasiun Parung Panjang sudah dipasang tiang listrik yang digunakan untuk pengoperasian KRL. "Untuk sementara satu track dulu. Nantinya kami akan menambah track menjadi double track," ungkapnya. - c81/ahi