KIsah Tawaran MU Terhadap Cristiano Ronaldo

22/06/2009 11:43

London (ANTARA News/Reuters) - Manchester United menerima tawaran yang merupakan rekor terbesar saat ini, 80 juta pounds atau 131,7 juta dolar AS, dari Real Madrid untuk pemain sayap asal Portugal Cristiano Ronaldo, kata juara Inggris itu, Kamis.

United, yang 12 bulan lalu menolak ketertarikan klub Spanyol itu pada Pemain Terbaik Dunia dan Eropa itu, kini mempersilakan juara Eropa sembilan kali itu, untuk meneruskan pembicaraan dengan Ronaldo.

"Manchester United menerima rekor dunia, tawaran tanpa syarat 80 juta pounds bagi Cristiano Ronaldo dari Real Madrid," kata klub itu.

"Atas permintaan Ronaldo -- yang kembali mengungkapkan keinginannya untuk pergi -- dan setelah berdiskusi dengan perwakilan pemain, United menyetujui untuk memberi izin Real Madrid melakukan pembicaraan dengan pemain itu."

"Segala urusan diharapkan akan diselesaikan pada 30 Juni."

Real Madrid memberi konfirmasi bahwa mereka memang mengajukan penawaran untuk membeli Ronaldo.

"Klub berharap dapat mencapai kesepakatan dengan pemain dalam beberapa hari mendatang," kata Real dalam sebuah pernyataan.

Klub Raksasa Spanyol itu sebelumnya mendapatkan pemain asal Brazil, Kaka, dari AC Milan pekan ini dengan nilai transfer yang dilaporkan sekitar 68 juta euro.

Kaka menjadi pemain pertama yang dikontrak Real Madrid sejak Florentino Perez kembali menjadi presiden klub itu bulan ini dan Real Madrid tampaknya bermaksud meneruskan membelanjakan uang mereka untuk membeli pemain.

Ronaldo bergabung ke Manchester United dari Sporting Lisbon pada 2003 dalam usia 18 tahun, mengikuti kepindahan David Beckham ke Real Madrid dan dengan cepat memantapkan dirinya sebagai pemain yang pantas diperhitungkan di liga utama Inggris.

Gol-golnya membantu United memenangi tiga gelar Liga Premier secara beruntun, demikian juga Liga Champions tahun lalu saat dia mencetak gol pada final melawan Chelsea.

Pada musim 2007-08 dia mencetak 42 gol, yang mengatasi rekor klub sebelumnya bagi seorang pemain tengah yang dipegang George Best. Musim lalu dia mencetak 26 gol, membuat dia total mencetak 118 gol dari 292 penampilannya di Manchester United.

Januari lalu, dia mengalahkan pemain Barcelona Lionel Messi dan striker Liverpool Fernando Torres, untuk memenangi Pemain Terbaik Dunia FIFA, pemain pertama dari klub Inggris yang memenangi penghargaan itu.(*)